OJEK PALANG KAYU modifikasi motor tangguh segala medan !
( lelaki yang sedang bekerja ) |
Ada berbagai studi yang mengatakan jika umur lelaki biasanya lebih pendek daripada umur perempuan. Hal tersebut dapat dikarenakan berbagai macam faktor. Mulai dari gen, lingkungan dan kesadaran lelaki itu sendiri akan kesehatannya. Namun, disamping berbagai faktor tersebut. Mungkin faktor ini juga dapat dibilang menjadi salah satu penyebab umur seorang lelaki lebih pendek dari wanita. Yaitu faktor, kerja keras dan kadang juga dapat dikatakan kerja nekat.
Jika saya menyebutkan profesi ojek, mungkin yang terlintas dibenak kalian, adalah Alat transportasi untuk mengangkut manusia ataupun barang.
Namun jika saya menyebutkan profesi ojek palang. Apa yang terlintas dalam pikiran kalian?
![]() |
pengendara ojek palang |
Suaranya knalpotnya sangat nyaring terdengar karena beban yang berat dan jalan yang menanjak. Namanya ojek palang kayu. Menggunakan motor yang sudah dimodifikasi bentuk dan mesinnya.
Ojek palang kayu digunakan untuk mengangkut muatan yang tidak bisa dilakukan oleh buruh panggul apalagi oleh kendaraan roda empat. Karena jaraknya yang jauh atau lokasinya yang sulit atau belum ada akses jalan yang memadai.
Selain butuh kendaraan dengan setingan khusus, tentu pengendara ojek palang kayu wajib punya skill khusus yang tidak dimiliki orang dan tentu harus punya keberanian menyusuri jalan hutan dan juga terkadang jurang. dengan muatan yang besar dan berat dengan risiko yang tidak kecil.
Motor diberi dua buah balok kayu yang kuat yang dipasang melintang di bagian depan dan belakang sebagai penopang muatan. Oleh karenanya disebut ojek palang kayu. Gear motornya yang belakang diganti dengan ukuran yang sangat besar sampai ukuran 65 . Kecepatan laju motor tentu akan jauh berkurang tapi kelebihannya motor tetap bisa melaju walaupun membawa beban berat dan menanjak.
Kayu gelondongan diangkat dan diletakan di atas balok. Disusun di sebelah kanan dan kiri pengemudi sebanyak kemampuan si pengemudi. Gelondongan kayu kemudian diikat dengan kuat menggunakan karet supaya tidak jatuh diperjalanan. Terkadang karena banyaknya muatan hanya tersisa sedikit ruang untuk si pengemudi menaiki motornya.
Untuk mengangkat kayu yang ukurannya besar ke atas motor tidak bisa dilakukan sendiri. Harus dibantu orang lain. Oleh karena itu biasanya ojek palang kayu dlm bekerja biasanya tidak sendiri tapi minimal dua orang atau lebih apa lagi jika kayu yang harus diangkut besar besar.
Dengan muatan kayu yang besar besar yang hampir menghimpit badan si pengemudi dan jalan yang dilalui juga tidak mudah dan sering kali ekstrim. profesi palang kayu tentu sangat beresiko tinggi. Bahkan nyawa bisa jadi sebagai taruhannya. Walaupun upah dari ojek palang kayu cukup menggiurkan. Resiko terbesar adalah motor bisa terguling dan badan pengemudi bisa tertimpa muatan.
Tarif yang harus dibayarkan biasanya sudah ada perkompromian khusus. Biasanya,
Perkubiknya tergantung jarak dan tingkat kesulitan medannya menjadi pertimbangan ongkos. Dan biasanya sudah disepakati terlebih dahulu antara yang punya kayunya dengan pengemudi ojeknya. Semakin jauh dan sulit maka ongkosnya semakin besar.
![]() |
modifikasi motor ojek palang |
Modifikasi yang dilakukan adalah melakukan penggantian gir motor serta ban motor sehingga memungkinkan untuk melalui medan terjal. Selain itu, di motor juga disematkan 2 buah palang besi yang digunakan sebagai tempat membawa kayu. Dipaparkan dia, untuk melakukan modifikasi ini, ia cukup merogoh biaya sekitar 3,5 juta rupiah.
Berikut salah satu contoh modifikasi motor yang dilakukan. Motor yang dimodifikasi ini merupakan motor supra fit. Bagian yang mendapatkan gubahan diantaranya adalah.
Velgnya menggunakan velg standar satria f yu. Kemudian dibagian shok depan menggunakan shok standar, dobel shok juga ya, plus pir shok dari yamaha Rx King. Untuk ukuran ban depan adalah 250 cakram.
Selanjutnya ke bagian stangnya. Stangnya ini menggunakan stang flatbar, yang tentunya akan mempermudah pengemudi mengendalikan motornya. Pada bagian dudukan stang menggunakan plat besi, jadi dijamin kokoh. Mundur kebagian shok belakang, disini dobel jg ya untuk shok belakangnya. Ada tambahan shok depan tapi ditaruh di belakang, sudah pasti redamannya aman dan nyaman.
Untuk gir, juga sudah dirubah menjadi ukuran 50. Ditambah dengan stabilizer rantai, dan untuk ukuran ban belakang juga diganti menjadi ukuran 350.
Nah, dengan spesifikasi motor seperti ini. Untuk mengangkat dan mengangkut beban 300 kilogram, enteng ya teman-teman.
Selanjutnya mari kita lihat untuk pemasangan shok belakang dobelnya. Mengingat beban yang kerap dibawa, tentulah motor membutuhkan shok belakang yang mumpuni.
Kali ini yang digunakan adalah shok kayaba. 2 dikiri dan 2 lainnya dikanan. Untuk swing arm sudah disambung dulu sekitar 5 sentimeter. Hal ini dilakukan agar motor tidak terangkat ketika beban berat.
Selanjutnya dibawah shok juga dikasih bantalan. Dan untuk bagian antara shok dobel ini juga diberi engsel, yang berfungsi untuk mengaktifkan shok bantu dibagian belakang.
Dan yang terakhir dibagian bawah shok dan bantalan diberi pelindung, dapat berupa karet. Yang berfungsi untuk meminimalisir benturan antara shok dengan bantalan.
Dengan modifikasi motor seperti ini, motor ini mampu untuk mengangkut beban lebih dari 300 kilogram.
Selanjutnya mari kita lihat modifikasi motor, untuk ojek di pegunungan. Yang mesti modifikasi motor ini akan membuat sang desainer motor di Jepang bakal geleng geleng kepala.
Bagaimana tidak, modifikasi motor untuk ojek gunung ini merubah bentuk motor menjadi lebih dari 2 meter. Bentuk stang yang tinggi yang bertujuan untuk memudahkan pengemudi mengendalikan motornya.
Tak cukup dengan dobel shok belakang. Motor para ojek gunung ini menggunakan tripel shok belakang. Yang artinya ada 6 shok dibagian belakang.
Ditambah dengan penggunaan rantai untuk melingkari roda rodanya yang bertujuan untuk meningkatkan daya cengkeraman roda pada tanah. Serta bagian tangki bensin diubah menjadi dibagian depan.
Untuk modifikasi ojek gunung ini, nampak jika motor ini digunakan untuk mengangkut barang semacam sayuran, padi, beras, pupuk dan lain lain.
Pada hakikatnya manusia selalu akan berkembang dan beradaptasi dengan lingkungannya. Begitu pula motor yang digunakan ini. Merupakan suatu modifikasi motor yang sangat bijaksana.
Melihat para lelaki ini bekerja dan berjihad untuk keluarganya, melewati medan yang tentu tidak mudah membuat saya malu karena masih sering bonceng 3 dijalan raya.
Posting Komentar untuk "OJEK PALANG KAYU modifikasi motor tangguh segala medan !"